Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Kesuma Negara” disingkat STIEKEN, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar. dengan sebuah Akta Notaris, yaitu Notaris Budi Dharmakusuma, S.H. dengan nomor Akta Notaris : 5, tanggal 7 Mei 1989 yang berkedudukan di Blitar.

Sesuai dengan perkembangan yang dinamis akan kebutuhan penyesuaian globalisasi, Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar sebagai Badan Pendiri STIEKEN Blitar berganti nama menjadi Perkumpulan Kesuma Negara Blitar pada bulan Juli 2002.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mendapat ijin pemerintah dengan SK. Mendikbud No. 0325/0/1990 dengan tujuan ikut serta mencerdaskan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia, menyiapkan tenaga yang cakap, trampil serta ahli dalam bidang ekonomi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar sebagai Perguruan Tinggi Swasta Bidang Ekonomi Pertama di Blitar yang mendidik Sarjana Ekonomi serta diakui oleh pemerintah, tetap dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di Blitar dengan turunnya dua kali ijin perpanjangan penyelenggaraan melalui Surat Keputusan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan untuk dua jurusan / program studi yaitu Akuntansi (SK. DIKTI No. 1954/D/T/2003) dan Manajemen (SK. DIKTI No. 2238/D/T/2003) pada tahun 2003 serta Surat Keputusan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan jurusan / program studi  Akuntansi (SK. DIKTI No. 3279/D/T/2007) dan Manajemen (SK. DIKTI No. 3278/D/T/2007) pada tahun 2007.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar secara rutin setiap tahun juga selalu mendapatkan Alokasi Beasiswa bagi mahasiswanya, baik dari pemerintah, swasta (perusahaan), dan dari Badan Pendiri sendiri.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mementingkan pendidikan dan latihan penyiapan sarjana ekonomi yang menguasai dan menerapkan serta mengembangkan ilmu-ilmu ekonomi (disiplin-disiplin bidang studi akuntansi dan manajemen), guna menjawab dan memenuhi tuntutan pasar tenaga kerja dan pembinaan integritas kepribadian serta profesionalitas. Selain itu juga memberikan bekal tambahan berupa keahlian dalam operasional teknologi informasi yang up-to-date yang berkembang saat ini, seperti internet/intranet application, Linux, Windows®, networking, dan lain sebagainya